Langkah-langkah membuat GAME

Posted: February 25, 2011 in tugas kampus

Yak ! postingan berikut ini merupakan lanjutan dari postingan yang sebelumnya. Apabila pada postingan yang pertama kita telah membahas apa itu game beserta orang  dibalik pembuatannya, kali ini saya akan mencoba mambahas bagaimana kita membuat suatu game itu sendiri.

Pengetahuan yang harus kita miliki ketika membuat suatu game

Seringkali kita mamainkan begitu banyak game. Akan tetapi pernahkan terdetik dalam benak kita untuk membuat game itu sendiri? bisakah kita membuat suatu game? Jawabannya adalah ya, tentu saja kita bisa membuat suatu game.

Bagaimanapun juga game adalah sebuah perangkat lunak. Pertanyaannya apakah kita mampu membuat perangkat lunak tersebut?. Ya , kita mampu membuat suatu software tersebut dengan cara memprogram. Entah itu memakai bahasa pemrograman  C++, java, Delphi, visual BASIC dll.

Syarat-syarat yang harus dimiliki ketika ingin membuat suatu game:

-Memiliki pengetahuan dasar tentang menggunakan computer.

Hal ini bertujuan agar kita tidak canggung akan fungsi-fungsi yang ada ketika kita menggunakan computer tersebut. Yahh..minimal kita tahu bagaimana cara mengkopi, menyalin atau  manghapus sebuah file atau data yang ada pada sebuah computer. Itung2 biar ngak gaptek :D

-Memiliki pengetahuan tentang berbagai macam software pendukung dan fungsinya.

Kalau yang satu ini merupakan hal-hal yang patut kita kuasai. Kita harus mengetahui software2 dan fungsinya apabila kita ingin membuat suatu game. Misalnya “Adobe Photoshop” yang berfungsi untuk membuat/ mengedit gambar. Dan masih banyak lagi software2 yang lainnya.

-Memiliki pengetahuan tentang berbagai macam format file.

Dalam hal ini paling tidak kita mengetahui tentang berbagai macam format file. Karena dapat membantu kita dalam mengerjakan dan memahami proses-proses yang lainnya.

-Mempunyai bakat / talenta di bidang seni khususnya.

Game merupakan suatu representasi dari imajinasi seseorang . sama halnya dengan seni music dan seni menggambar. Kita perlu mempunyai imajinasi yang nantinya akan kita wujudkan dalam pembuatan sebuah game. Jadi akan sangat bagus apabila kita mempunyai bakat dibidang seni. Karena itu sangat membantu sekali untuk proses kedepannya. Akan tetapi, apabila dari kita ada yang sulit sekali untuk berimajinasi janganlah berkecil hati. Teruslah asah kemampuan kita dalam berimajinasi. Karena setiap orang pasti mempunyai apa itu yang di sebut “mimpi”. Nah, sekarang bagaimana kita dapat mewujudkan mimpi tersebut. Karena imajinasi dapat mengalahkan ilmu pasti(hohoho kalau yang ini bikin sendiri :p). Layaknya seorang enstein dengan rumus E=MC² nya. Hehhe :)

-Memiliki logika yang tajam

Dalam membuat game , nantinya anda akan berhadapan dengan penggunaan script(program) untuk mengatur control pada karakter, musuh, dan lain-lain. Bila anda memiliki logika yang baik disertai kepandaian berhitung yang lumayan, anda tidak akan tersesat didalam pemrograman.

-Mempunyai motivasi

Ini merupakan hal yang sangat penting, dalam membuat game. Banyak para game creator yang berhenti membuat game karena merasa bosan dan malas untuk melanjutkan proyeknya, hal seperti ini tidak akan terjadi apabila anda mempunyai motivasi yang tinggi untuk menciptakan sesuatu yang anda inginkan.

Pengetahuan tentang game serta pembagian tugas

Video game terbagi dua menurut dimensinya, yaitu:

-2D (two dimension)
Game dua dimensi dapat diketahui berdasarkan ruangnya yang hanya memiliki dua sisi ( X dan Y). Sedangkan untuk gambarnya sendiri dapat menggunakan Vector maupun Bitmap. Untuk membuat animasi bergerak (berjalan,melompat,berlari,dll) kita harus membuat gambar satu persatu yang disebut dengan(frame).
Kerealisasian gerakan ditentukan dari gambar yang dibuat, jumlah gambar(frame) yang digunakan, serta hitungan gambar per detik (frame per second ( semakin tinggi hitungan gambar per detik maka semakin mulus gerakan yang akan dihasilkan). Bagi pemula sebaiknya mencoba untuk membuat game bertipe 2D terlebih dahulu.

-3D (three dimension)

Sama dengan dua dimensi , game bertipe ini dapat diketahui berdasarkan ruangnya , hanya saja dalam 2D hanya ada 2 sisi (X,Y), dalam game 3D anda akan menemui tiga sisi (X,Y,Z).
Game bertipe ini menggunakan 2 macam tipe pemodelan:
-3d object/model ini merupakan model/ object 3 dimensi yang nantinya akan anda jadikan sebagai karakter utama, bangunan, object-object seperti senjata,musuh, permukaan tanah ,pohon, bukit,dll. Object 3d seperti ini bisa anda buat dengan menggunakan program seperti “3D S.Max”,”Maya”,”Hash”,dll

-2d graphic
gambar 2d juga berperan dalam membuat game bertipe 3D fungsi gambar 2d antara lain:
- sebagai texture untuk object
- sebagai latar belakang ( langit , pemandangan,dll)
- sebagai meteran untuk nyawa , gambar untuk speedometer (untuk game racing), dll.

Sedangkan untuk membuat animasi dalam 3D dapat digunakan bones(tulang) yang layaknya manusia dapat digerakkan. Selain itu animasi tetap juga dapat menggunakan bitmap (gambar 2d) untuk animasi pada texture air, api,dll.

Dalam membuat game 2D sebaiknya anda bekerja dalam kelompok atau team yang minimal terdiri dari 3 orang:
-1 orang programmer
-1 orang graphic design
-1 orang music composer

Sedangkan untuk membuat game 3D sebaiknya anda minimal mempunyai 5orang dalam satu kelompok:
-1 orang programmer
-1 orang texture maker
-1 orang 3d modeler
-1 orang music composer
-1 orang pengatur gerakan (koreografer)

Sebenarnya dalam hal ini, kita dapat membuatnya secara perorangan atau sendiri2. Akan tetapi setiap orang tidaklah mempunyai kemampuan yang sama dalam berbagai bidang dalam pembuatan sebuah game. Maka dari itu, kita perlu membaginya guna mendapatkan hasil yang optimal. J

Program / software yang dapat digunakan untuk membuat game.

Ada 2 cara yang dapat digunakan dalam membuat game, yaitu:
1. Dengan membuat sendiri program yang akan digunakan untuk membuat game ( umumnya professional game developer yang menggunakan cara ini).
2. Dengan menggunakan program jadi yang tinggal kita gunakan.

Mungkin kali ini saya tidak akan membahas bagaimana kita dapat membuat game dengan program yang kita buat sendiri. Akan tetapi saya akan membahas bagaimana kita selaku orang yang amatir dapat membuat game sendiri. Solusinya adalah memnggunakan software yang sudah jadi seperti  halnya game maker. Berikut  sedikit penjelasa mengenai game maker:

-Game maker

Developer:Mark Overmars
Difficulty: Easy-Intermediate

Game maker merupakan suatu program yang bisa dikatakan cukup simple dan mudah untuk digunakan.
Dengan program ini anda dapat menciptakan game jenis apa saja yang anda inginkan seperti: racing,action,fighting,rpg,adventure,puzzle,tactic,simulation,dll.
Program ini lebih focus pada game berjenis 2D tetapi program ini juga menyediakan feature yang memungkinkan anda untuk membuat game jenis 3D ,namun anda tidak bisa membuat game sekelas “Halo”, ”Empire Earth”, “Need for Speed”, dengan program ini.
Karena feature 3D yang diberikan hanya untuk membuat game 3D yang sederhana.

Script yang dipakai adalah GML (Game Maker Language) yang juga bisa dipadukan dengan programming language seperti Delphi,C,dan sebagainya,hal ini bisa dilakukan dalam kapasitas penggunaan DLL (Dynamic Link Library,berupa semacam plugin yang mengandung fungsi-fungsi yang tidak dimiliki oleh GameMaker)



referensi:
http://itoharajuku.wordpress.com/2009/02/07/langkah-dasar-pembuatan-game-sederhana
http://www.se-indo.net/showthread.php/10614-Membuat-Game-Sendiri-Dengan-Game-Maker
http://www.docstoc.com/docs/54614384/Membuat-Game-Sendiri-I

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s