Game dan Tim pembuatnya

Posted: February 24, 2011 in tugas kampus

Satu, dua, tiga ……hupp. Saatnya menggerakan kembali jari-jari ini untuk membuat coretan di blog. Tugas kali ini diberikan oleh dosen softskill “pengantar teknologi game”. Kali ini saya akan membahas mengenai “apa itu GAME beserta orang yang terlibat dalam pembuatan game tersebut”. Ketika kita berbicara mengenai game, pasti terbayang di benak kita tentang beberapa game yang sering kita mainkan. Entah itu game on-line, game house, game PS 1,2,3 dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ngomong2 apa sih pengertian dari game itu sendiri?

"Celestia Luna Game"
Game merupakan sebuah permainan yang dapat menghilangkan rasa bosan dan jenuh yang ada pada diri kita. Mengapa demikian?. Ketika otak kita jenuh akan segala macam tugas dan urusan yang ada pada kehidupan kita, maka otak kita perlu direlaksasikan sejenak dari segala permasalahan yang ada. Mungkin salah satunya dengan bermain game. Akan tetapi Pada jaman sekarang, banyak manusia yang memilih game menjadi dunia kedua bagi dirinya. Terkadang sebagian manusia memilih untuk hidup berada di kehidupan kedua (dunia maya) setelah dunia nyata. Dan mereka memilih dunia itu karena memang lebih tentram juga lebih damai walau kadang ada keributan. Dalam kasus ini adalah game on-line.
Bermain game online layaknya dunia maya yang mana kita sering beraktifitas dan chating di dalamnya. Dunia game dapat memeberikan kesan kepada kita seakan menjadi nyata. Karena kita dapat membentuk karakter yang kita inginkan dan kita juga dapat menjadi karakter yang kita inginkan. Salah satu contoh game yang memang menjadi dunia kedua bagi kita misalnya AyoDance, Point Blank, RO, celestia luna dll. Malahan baru-baru ini ada berita yang mangabarkan bahwa ada orang yang tewas/meninggal diakibatkan bermain game online non-stop selama 3 hari berturut-turut.
baca : Tiga Hari Nonstop Main Games, Pria Cina Meninggal

Kecanduan memiliki dunia kedua setelah dunia nyata, adalah suatu hal yang amat wajar karena terkadang dalam dunia real kita melihat bahwa diri kita ini tidak sempurna sama sekali. Sehingga kita mencerminkannya kepada dunia kedua kita atau dunia game. Andaikan ada sebuah penyelesaian dari sebuah krisis kepedean ini bagi manusia, mungkin mereka akan menghadapi masalah secara real bukan secara game.

Siapa saja sih yang terlibat dalam pembuatan sebuah GAME?

orang yang terlibat dalam pembuatan sebuah game disebut team and development game.
Team tersebut bekerja berdasarkan profesi masing2 sesuai dengan bidangnya. Game haruslah dibuat semenarik mungkin agar terasa enjoy ketika dimainkan. Maka dari itu deperlukan tim yang solid untuk membuat sebuag game. Berikut ini merupakan penjelasan tiap2 profesi pada team and development game:

1.   Game physics programmer

Bagian ini bertugas mempelajari dan mengembangkan tampilan fisik dari suatu permainan. Intinya adalah mentransformasikan dunia nyata kedalam sutu game atau permainan. Biasanya permainan yang menampilkan tampilan fisik dari duninya nyata seperti similasi gravitasi, cepretan air, kebakaran, dan masih banyak lagi

2. Artificial intelligence programmer

programmer AI berfungsi untuk mengembangkan logika yang ada pada sebuah game tersebut.seperti permainan strategi seperti Civilization III atau RPG seperti The Elder Scrolls IV: Oblivion, gunakan AI berat, sementara yang lain, seperti puzzle game penggunaannya relative sedikit atau tidak sama sekali.
3. Graphics programmer

Programmer yang mengkhususkan diri dalam bidang ini pengembangan permainan dapat menuntut upah tinggi dan biasanya merupakan komoditas langka. Keahlian mereka dapat digunakan untuk permainan komputer maupun game untuk konsol game seperti PlayStation 3, Nintendo DS, PSP, Wii dan Xbox 360.

4. Sound programmer

Pemrograman suara telah menjadi andalan game pemrograman sejak zaman Pong. Sebagian besar permainan menggunakan audio, dan banyak memiliki skor. Sound programmer bisa dilatih atau memiliki latar belakang formal dalam pemrosesan sinyal digital.

5. Gameplay programmer

Seorang game programmer lebih memfokuskan pada strategi permainan, pelaksanaan permainan teknik dan logika, sehingga para pemain game akan  terlibat sebuah permainan

6. Scripter

Penulis skenerio akan menulis kode untuk membuat semua konten dalam permainan-jika pemain yang seharusnya untuk menembak musuh tertentu, dan sebuah tombol merah yang seharusnya muncul bersama beberapa teks pada layar, maka fungsi ini adalah semua ditulis sebagai bagian dari program inti di C atau bahasa assembly oleh Sripter programmer.

7. UI programmer

Programmer ini mengkhususkan dalam pemrograman user interface (UIS) untuk permainan. UI lanjutan sistem dapat memungkinkan scripting dan efek khusus, seperti transparansi, animasi atau efek partikel untuk kontrol.

8. Network programmer

Programmer ini menulis kode yang memungkinkan para pemain bersaing satu sama lain (atau bermain bersama-sama) yang terhubung melalui LAN atau internet (atau dalam kasus-kasus langka, langsung terhubung melalui modem).

9. Lead game programmer

Programmer yang memimpin akhirnya bertanggung jawab atas semua program untuk permainan. Ini adalah tugas mereka untuk memastikan berbagai permainan submodules diimplementasikan dengan baik serta untuk melacak pembangunan dari sudut pandang pemrograman.

Yyahh…kurang lebih begitulah mangenai apa itu “GAME beserta orang yang ada di balik pembuatan game” tersebut. semoga apa yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi kita semua. AMiNNN😀

referensi:

http://id.news.yahoo.com/repu/20110223/twl-tiga-hari-nonstop-main-games-pria-ci-4d6e3f4.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Permainan_video
http://www.rileks.com/community/artikelmu/blogger/13578-game-adalah-dunia-kedua.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s