VIRTUA COP 2

Posted: May 12, 2011 in tugas kampus

Virtual cop 2 adalah sebuah permainan arcade dirilis pada tahun 1995 di Sega, dan dikembangkan oleh oleh mereka  AM2 studio. Game inipun berlabuh di Sega Saturn pada tahun 1996. Setelah diluncurkan pada PC pada tahun 1997, dan Sega Dreamcast pada tahun 2000. Ia kemudian digabungkan dengan Virtua Cop di Virtua Cop: Elite Edition untuk PlayStation 2 pada tahun 2002.

Gameplay

Mengenai gameplay saya rasa saya enggak perlu menjelaskan lagi. Game pistol ini bisa dibilang game pistol yang menjadi patokan shooter game sekarang. Kalau tidak ada game ini enggak mungkin ada game yang bernama Time Crisis, Ninja Assault, Crisis Zone, House of the dead, dan juga Gun Survivor (CMIIW) hehehe😀. Game ini adalah the root of shooting game seperti halnya Street Fighter sebegai root of all fighting games. Game ini adalah game pistol pertama yang menggunakan polygon dan bisa menembak musuh pada bagian tertentu tubuh. Misalkan kamu menembak kaki, ya musuhnya terduduk, tertembak tangannya menjadi Justice Shot, atau menembak kepalanya jadi terpelanting kebelakang, dst. Kalau dibandingkan dengan game pistol generasi sebelumnya (Mad Dog Mc Rae dkk), game ini membawa game pistol ke suasana yang lebih baru. Pokoknya mantap deh!!

Anyway, cara mainnya mudah saja. Kita diberikan pistol standar berpeluru 6 buah dengan beberapa pistol tambahan yang bisa kita dapatkan pada saat menembak musuh tertentu yaitu Automatic (15 bullet, bisa reload), Machine Gun (repeat shoot ditahan, no reload), Magnum (peluru keras tembus badan), Rifle (sekali tembak 3 peluru keluar, no reload) dan Shotgun (peluru lebar). Tembak semua musuh (bisa hingga 3 kali per orang untuk menaikkan hit) dan jangan sampai tertembak civilian(karena akan mengurangi nyawa kita. Kita diharuskan  menembak dalam ukuran dibawah 5 detik (untuk normal) kalau tidak kita yang akan  ditembak oleh musuh. Ada 3 stage yang terdapat pada game Virtua Cop 2 ini, ditambah 1 Final stage apabila kita telah menyelesaikan  3 stage sebelumnya.

Tahapan stage pada game ini terbagi menjadi 3, yaitu beginner, medium dan Expert.

Beginner: Pada step ini kita diminta untuk menggagalkan kasus perampokan pada toko perhiasan di Virtua City. Pada kasus ini kita akan  mengikuti para pencuri tersebut dan akan terlibat baku tembak serta kejar-kejaran dengan menggunakan mobil.

Medium: menyelamatkan Walikota Virtua City dari penculik ganas. Dalam tahan ini kita harus mengikuti mereka ke tempat persembunyiannya, tepatnya di pelabuhan kapal pesiar, kemudian ledakan mereka dari Deck Fiesta.

Expert:Mengejar para penjahat ke dalam sistem kereta bawah tanah, dan bahkan lebih dalam ke jantung Kota Virtua bawah tanah. Pada misi ini kita secara tidak langsung menyusup ke markas teroris bawah tanah.

Latar Belakang (alur cerita)

Pada kasus yang pertama dua agen Virtua  Cops yaitu Michael “Rage” Hardy dan James “Smarty” Cools  menutup sebuah organisasi kejahatan yaitu EVIL inc Criminal. Tiga dari pemimpinnya King , Boss dan Hong masuk  dalam catatan buku hitam keamanan federal. Anggota terakhir dari organisasi tersebut Joe Fang yang merupakan  teroris Internasional diyakini tela htewas dalam kecelakaan helicopter, walaupun tubuhny tidak pernah di temukan Setelah jatuhnya EVIL Inc, sebuah penyelidikan komprehensif pasar gelap dan kegiatan senjata api diluncurkan di bank Kota Virtua.

Tahun lalu tampak seolah-olah Squad Virtua akhirnya mengakhiri penyelidikan tentang Sindikat EVIL inc Criminal berkaitan dengan  kejahatan atas Virtua City. Para geng yang berkaitan dengan sindikat tersebut akhirnya satu demi satu dapat ditangkap. Disaat yang bersamaan VCPD(  Virtua City Police Departement ) bagian Unit khusus  Investigasi mendapat anggota baru yaitu Janet Marshall, seorang ahli dalam profiling psikologi kriminal.

Masalah barupun mulai muncul kembali ketika sebuah serangan yang sangat berani terjadi di di siang hari pada toko perhiasan terbesar di Virtua City. Sementara  itu, di sisi lain kota  terdengar kabar bahwa terdapat kegiatan yang mencurigakan kembali terjadi di lokasi konstruksi bawah tanah. Sepertinya Organisasi Evil inc Criminal pun terlahir kebali. Sipakah dalang dibalik ini semua????

Game characters


Michael Hardy (Rage)
Karakter game polisi ini telah berkembang dengan pasangannya, James Cools dan polisi pendatang baru, Janet Marshall. Skill polisi yang satu ini  lebih baik daripada polisi lainnya termasuk pekerjaan paruh-waktu dan pelatihan tugasnya. Ia dikenal sangat cekatan dalam  hal-hal yang underfire. Rage adalah all-around karakter dalam permainan ini .
James Cools (Smarty)
Seperti rekannya, Michael yang bekerja di sisi yang sama untuk kebaikan sebaik yang dia lakukan, hal itu tidak menghentikan dia dari pemukulan oleh beberapa orang jahat. Meskipun Rage lebih cepat dalam hal tembak-menembak, Smarty dikenal mempunyai tembakan yang akurat  kepolisian.
Janet Marshall (Janet)
Sebuah VCPD detektif yang baru dipasang khusus di skuad Virtua Cop investigasi khusus (meskipun polisi-satunya perempuan dalam skuad). Janet merupakan seorang ahli dalam profiling psikologi criminal.

Combat Training Mode

Di kota yang diganggu oleh kejahatan, tidak lazim bagi Polisi Virtua untuk menemukan jati dirinya sebagai polisi yang handaldan terampil. Untuk menjaga keterampilan mereka, VCPD (Virtua City Police Departement) mengembangkan simulator tempur pelatihan, yang dikenal sebagai “Proving Ground”. Lingkungan pelatihan ini masih dalam tahap perkembangan, tetapi itu semua sudah cukup untuk melatih polisi-polisi di Virtua City menjadi polisi yang handal dan terampil. Latihan atau trainee yang diberikan  dibagi atas beberapa tahap (Field 1, 2 dan 3) . Setiap tahap Groundnya dirancang dalam berbagai macam situasi. Tujuan dari pelatihan ini  adalah menembak sasaran ketika mereka semua muncul secara tiba-tiba. berikut ini merupakan contoh apabila kita memilih field 3 pada Proving Ground:

referensi:

http://en.wikipedia.org/wiki/Virtua_Cop_2
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s