Tanggung Jawab Sosial ( Usaha Rumah Makan)

Posted: October 13, 2011 in tugas kampus

Yupz!!! Postingan ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya mengenai Membuat Usaha Rumah Makan.

Dalam mendirikan suatu usaha perlu diperhatikan aspek-aspek yang berhubungan dengan usaha tersebut. Salah satunya adalah tanggung jawab  sosial terhadap konsumen dan juga lingkungan di sekitar tempat kita mendirikan suatu usaha. Dalam cangkupan yang lebih luas tanggung jawab tersebut dikenal dengan istilah CSR (Corporate Social Responsibility). Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu konsep yang mempunyai pengertian bahwa sebuah organisasi perusahaan harus memiliki tanggung jawab kepada konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas, dan lingkungan dalam aspek operasionalnya. Corporate Social Responsibility (CSR) ditujukan untuk mendorong seluruh perusahaan dalam rangka terciptanya suatu pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development). Peranan CSR dapat dipandang sebagai upaya untuk mewujudkan good corporate govern-ance, good corporate citizenship dan good business ethics dari sebuah entitas bisnis. Sehingga perusahaan tidak cukup hanya memikirkan kepentingan shareholder (pemilik modal), tetapi juga mempunyai orientasi untuk memenuhi kepentingan seluruh stakeholders.

Tanggung jawab terhadap konsumen :

Dalam suatu usaha rumah makan kita punya prioritas tinggi dalam menjamu suatu pelanggan atau konsumen. Agar pelanggan yang datang ke tempat kita tidak merasa kecewa maka ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan:

  1. Pelayanan , hendaknya kita memberikan pelayan yang ramah dan sopan. Sehingga pelanggan yang datang ke tempat kita merasa nyaman akan sambutan yang di berikan kepada mereka.
  2. Makanan, makanan yang di sajikan haruslah makanan yang terbaik. Baik dari segi rasa, kebersihan dan kesehatan. Sehingga tidak ada satu pelanggan pun yang merasa dirugikan.
  3. Tempat/dekorasi ruangan, tempat/dekorasi ruangan sangatlah berpengaruh akan kenyaman pelanggan pada saat mereka akan menyantap suatu hidangan. Hendaklah kita menciptakan suatu suasana yang mana dapat membuat pelanggan kita merasa senang.  Pokoknya PW dah.(Posisi Wuenakkk) hahha😀
  4. Fasilitas, fasilitas atau sarana prasarana sangatlah mendukung usaha rumah makan yang kita dirikan. Karena suatu fasilitas dapat dijadikan sebagai pembeda dibandingkan dengan rumah makan yang lainnya. Misalnya, area parkir, fasilitas WIFI, TV dan lain sebagainya.

Tanggung jawab terhadap lingkungan:

Ketika kita mendirikan sutau usaha rumah makan, kita tidak lah mendirikan usah atersebut di tempat yang sepi dan tidak berpenghuni. Akan tetapi ditempat-tempat yang ramai dan strategis, seperti di pinggir jalan raya, area kampus, area perkantoran , mal dan lain sebagainya. Maka dari itu perlu diperhatikan aspek-aspek yang dapat mengganggu lingkugan sekitar tempat kita mendirikan suatu usaha.  Dalam hal ini misalnya, janganlah kita membuang limbah / sisa dari makanan disembarang tempat  disekitar tempat usaha kita. Karena selain mencemari lingkungan juga dapat memberikan kesan jorok dan tidak higienis pada rumah makan kita.

Yahhh….mungkin segini aja artikel mengenai Sumber Daya Manusia dan Tanggung Jawab Sosial, semoga bermanfaat bagi kita semua. Aminn!!!😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s